You are currently viewing Sosialisasi Optimalisasi LAPS SJK di Sumatera Utara

Sosialisasi Optimalisasi LAPS SJK di Sumatera Utara

  • Post author:
  • Post category:News

Dalam rangka memperkuat Pelindungan Konsumen di Wilayah Sumatera Utara, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), acara ini diselenggarakan di Medan pada Selasa, 5 Maret 2024.

Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi LAPS SJK ini, dihadiri perwakilan dari PUJK dari sektor Perbankan yaitu Bank Umum Konvensional dan syariah serta Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan BPR Syariah, sektor Pasar Modal yaitu perwakilan perusahaan Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia, serta sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yaitu Perusahaan Asuransi Umum, Perusahaan Asuransi Jiwa, Perusahaan Pembiayaan, dan Pergadaian yang berada di Sumatera Utara.

Acara ini turut dihadiri sekaligus keynote speech dari Deputi Komisioner Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito. Sementara itu LAPS SJK diwakili oleh Direktur Operasional dan Keuangan LAPS SJK, Erdianto Sigit Cahyono.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong PUJK menerapkan prinsip penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa yang efektif dan efisien, dimana apabila PUJK telah mencoba untuk menangani pengaduan secara Internal Dispute Resolution (IDR) namun tawaran solusi ditolak oleh konsumen, maka penyelesaian sengketa antara PUJK dan konsumen dapat diselesaikan secara External Dispute Resolution (EDR) melalui LAPS SJK melalui layanan yang dimiliki LAPS SJK yaitu Mediasi, Arbitrase, dan Pendapat Mengikat.

#LAPSSJK#LAPSSJKUpdate#PelindunganKonsumen#OJK#OJKMedan