PENGUMUMAN PENDAFTARAN SELEKSI PEMILIHAN CALON PENGURUS LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA SEKTOR JASA KEUANGAN PERIODE 2023-2026

Panitia seleksi pemilihan Calon Pengurus Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) Periode 2023-2026 mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk turut serta mengambil bagian untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Pengurus LAPS SJK untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai dengan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 61/POJK.07/2020 tentang LAPS SJK.

 

A.        Jabatan yang akan diisi:

1.     Ketua 

2.     Sekretaris/ Direktur Layanan Sengketa 

3.     Bendahara/ Direktur Operasional & Keuangan

 

B.        Persyaratan:

1.     Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 40 (empat puluh) tahun;

2.     Memiliki moral dan integritas yang baik;

3.     Sehat secara jasmani yang dibuktikan dengan adanya surat keterangan Dokter;

4.     Pendidikan minimal sarjana atau diploma IV (diutamakan S2/S3);

5.       Memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai di sektor jasa keuangan, hukum atau teknologi informasi minimal selama 5 (lima) tahun;

6.     Memiliki pengalaman manajerial dan leadership yang kuat;

7.     Tidak merangkap jabatan atau bersedia tidak merangkap jabatan, sebagai:

a)       Anggota Direksi pada Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Usaha Milik Swasta;

b)       Anggota Dewan Komisaris/Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara;

c)       Pengurus partai politik dan atau calon anggota legislatif dan atau calon kepala daerah/wakil kepala daerah;

d)       Pengurus pada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa lain; dan atau

e)        Jabatan lain yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dan atau jabatan   lainnya sesuai dengan  ketentuan peraturan perundang-undangan.

8.       Tidak pernah melakukan perbuatan tercela dan atau dihukum karena suatu tindak pidana kejahatan dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;

9.       Tidak pernah memiliki kredit macet atau tidak pernah menjadi Pemegang Saham, Direksi dan Dewan Komisaris dari suatu Perseroan yang dinyatakan pailit dalam waktu 5 (lima) tahun terakhir sebelum dicalonkan.

 

C.        Ketentuan Pendaftaran:

1.       Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 Januari sampai dengan 7 Februari 2023 pukul   23.59 WIB;

2.       Calon pengurus mengirimkan seluruh persyaratan dokumen melalui email ke   seleksi@lapssjk.id   dan dokumen cetak ke alamat kantor LAPS SJK;

3.       Calon pengurus mengisi data identitas diri dan mengisi Self-Assessment yang telah   diisi dan ditandatangani. Dokumen Self-Assesment (dokumen download)

4.       Calon pengurus memindai dokumen persyaratan serta mengirimkan dokumen   cetak ke alamat kantor LAPS SJK di Menara Karya Lantai 25, Jl. H.R. Rasuna Said,   Blok X-5, Kav .1-2, RT.5/RW.2, Kuningan, Setia Budi, Jakart Selatan (12950);

a)      Pas foto berwarna ukuran 4×6 (2 lembar – latar belakang warna biru);

b)     Kartu Tanda Penduduk;

c)      Ijazah pendidikan terakhir;

d)     Surat keputusan jabatan yang pernah dimiliki*;

e)      Surat pernyataan tidak merangkap jabatan atau bersedia tidak merangkap jabatan sebagai:

1.       Anggota Direksi pada Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Usaha Milik Swasta;

2.       Anggota Dewan Komisaris/Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik   Negara;

3.       Pengurus partai politik dan atau calon anggota legislatif dan atau calon   kepala daerah/wakil kepala daerah;

4.       Pengurus pada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa lain; dan atau

5.       Jabatan lain yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dan atau jabatan lainnya sesuai dengan  ketentuan peraturan perundang-undangan.

f)       Surat Keterangan Sehat dari dokter;

g)      Surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian setempat yang diterbitkan dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir;

h)     Biodata dan tulisan tentang profil pribadi (CV);

i)       Proposal rencana kerja di LAPS SJK yang diketik menggunakan jenis huruf Arial ukuran 12 dengan spasi 1,5 paling banyak 4 halaman;

j)       Surat pernyataan tidak pernah dikenakan sanksi baik oleh perusahaan tempat bekerja maupun regulator;

k)      Self-Assessment yang telah diisi dan ditandatangani; dan

l)       Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp10.000,00 (sepuluh ribu Rupiah).

m)   Surat lamaran wajib menyebutkan secara jelas posisi yang dilamar (pilih salah satu Ketua/ Sekretaris/Bendahara). Melamar lebih dari satu jabatan akan dianggap gugur. 

Masing-masing soft copy dokumen hasil pemindaian harus berekstensi *.pdf, sedang untuk soft copy pas foto harus berekstensi *.jpg dan berukuran 200 kilobyte (KB) sampai dengan 1000 KB. Untuk dokumen cetak wajib dikirimkan oleh masing-masing calon pengurus, jika tidak melengkapi maka akan dianggap gugur.

 

D.       Tahapan Seleksi:

Seleksi terdiri dari 4 (empat) tahap:

1.       Tahap I (Seleksi Administratif);

2.       Tahap II (Afirmasi & Wawancara);

3.       Tahap III (Uji Kemampuan & Kepatutan oleh Otoritas Jasa Keuangan);

4.       Tahap IV (Pengesahan Rapat Umum Anggota).

 

E.        Ketentuan lain-lain:

1.       Pengumuman Hasil Seleksi akan diumumkan melalui melalui media massa, media sosial dan laman https://lapssjk.id/seleksipengurus/;

2.       Panitia Seleksi tidak memungut biaya dalam rangka pelaksanaan seleksi kepada Calon Anggota Pengurus LAPS SJK.

3.       Calon Pengurus harap mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan atau  mempengaruhi hasil seleksi.

4.       Keputusan panitia seleksi bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

5.       Panitia seleksi tidak menyediakan/mengganti biaya apapun kepada calon selama proses seleksi

 

Menjadi lembaga alternatif penyelesaian sengketa sektor keluangan yang profesional, kredible dan pilihan utama bagi nasabah dan penyedia jasa keuangan.