JENIS KEGIATAN

  • Kegiatan Utama LAPS SJK adalah menyelesaikan sengketa keperdataan sektor jasa keuangan antara Konsumen dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) di mana:
    • sengketa tersebut telah terlebih dahulu diupayakan penyelesaiannya melalui mekanisme IDR (Internal Dispute Resolution), yaitu musyawarah untuk mufakat/ negosiasi langsung antara Konsumen dan PUJK; dan
    • sengketa tersebut tidak sedang diperiksa dan/ atau tidak telah diputus oleh instansi (yang berwenang) lainnya.

Dalam rangka menyelenggarakan kegiatan penyelesaian sengketa tersebut, LAPS SJK sekurang-kurangnya menyediakan layanan Mediasi dan Arbitrase, dan wajib untuk memenuhi prinsip independen, adil, efektif dan efisien, serta mudah diakses. Salah satu implementasi dari “prinsip mudah diakses” adalah bahwa (1) prosedur penyelesaian sengketa di LAPS SJK dapat diselenggarakan secara daring (Online Dispute Resolution), dan (2) LAPS SJK memberikan pembebasan biaya-biaya Mediasi untuk sengketa antara Konsumen dan PUJK yang ritel dan bernilai kecil (retail & small claim).

Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan tidak membatasi LAPS SJK hanya menyelesaikan sengketa retail & small claim. Oleh karena itu LAPS SJK juga melayani penyelesaian sengketa-sengketa komersial dan mengenakan biaya-biaya atas layanan tersebut.

  • Kegiatan Lainnya dari LAPS SJK adalah:
    • menyediakan layanan penyelesaian beda pendapat melalui pemberian Pendapat Mengikat (Binding Opinion);
    • tidak hanya menyelesaikan sengketa antara Konsumen dengan PUJK, tetapi juga antara:
      • PUJK dengan Konsumen,
      • PUJK dengan PUJK, dan
      • para Pihak lainnya yang terlibat dalam suatu persengketaan yang muncul dari perjanjian-perjanjian di sektor jasa keuangan;
    • melakukan pengembangan kompetensi Mediator dan Arbiter yang terdaftar pada LAPS SJK.

Menjadi lembaga alternatif penyelesaian sengketa sektor keluangan yang profesional, kredible dan pilihan utama bagi nasabah dan penyedia jasa keuangan.